Happy 1 year anniversary

Assalamu’alaykum wr wb..

Tadi siang, saya baru melakukan pembayaran untuk perpanjangan domain saya ini dan beberapa hari sebelumnya, CC saya juga automatis kedebet untuk pembayaran auto link dari wordpress ke domain saya.

Lalu saya pun flashback 1 tahun kebelakang. Dan hasilnya adalaaaaaaah *jengjengjengjeng* saya sangat2 tidak produktif dalam ngeblog. Bayangkan dalam 1 tahun blakang sejak sewa domain, saya hanya menulis 6 postingan. Alhamdulillahnya bukan postingan curcol, jadi masih sedikit berfaedah. Hihuhihu.. Padahal maksud kata disewanya domain blog ini biar bisa produktif ngeblog dan syukur2 kalau bisa menghasilkan rupiah demi rupiah. Alasan lain, saya lebih suka apdet IG dibanding blog karna lebih praktis, bisa langsung dari HP.. Kalo ngeblog dari HP saya agak kurang suka karena nanti tampilannya kurang rapiih, gatel kalo liat yang ga rapih2 gituuu.. PR lagi deh benerinnya.. Belum lagi milah2 poto2 yang layak tayang di blog.. Dan buka laptop itu maleeesss banget.. Jadilaah niatan rajin ngeblog cuma wacana..

Trus trus trus.. skarang saya bingung mau nulis yang mana dulu, karna sebenernya banyak yang bisa di tulis. Ya udah mohon doanya ya smoga blog saya bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk yang membaca, semoga saya bisa istiqomah juga ngeblog hehe..

 

“khoirunnas anfa’uhum linnas”
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain”

Mudahnya mengakses informasi dengan Haji Pintar 2

Assalamu’alaykum wr wb..

Ga brasa ya bulan syawal sudah berlalu dan sekarang sudah memasuki bulan Dzulqo’dah. Pada bulan ini, biasanya para jamaah haji dari seluruh pejuru dunia sudah mulai diberangkatkan dari negeri tercinta ke tanah suci. Indonesia contohnya mulai memberangkatkan jamaah kloter pertama esok hari, 9 Agustus 2016.

Untuk para jamah haji yang belum tahu atau keluarga yang ingin tahu gambaran disana mungkin bisa men-download aplikasi Haji Pintar 2 di playstore (bagi pengguna android).

hajipintar2

Aplikasi ini diluncurkan oleh Kementrian Agama RI tahun lalu dan disempurnakan menjadi Haji Pintar 2 untuk mempermudah para calon jemaah haji dalam mendapatkan berbagai informasin seputar haji. Continue reading “Mudahnya mengakses informasi dengan Haji Pintar 2”

Doa Istimewa Nabi Musa

Assalamu’alaykum wr wb..

Kali ini saya mau berbagi tentang kajian yang saya ikuti di Al Azhar, 19 Feb 2016 kemarin yang diisi oleh Sheikh Abdullah Hakeem, seorang instruktur dari AlKauthar Institute https://www.alkauthar.org/ yang lahir di Fiji yang menetap di Australia. Beliau menyampaikan kajian ini dengan ciamiik dengan bahasa Inggris yang mudah di pahami, brasa nonton video di youtube tapi tetep ngena di hatiii #caileee.. Karna saya emang sok sibuk orangnya hahaha, jadi baru sempat saya share sekarang.. Semoga bermanfaat ya.. 🙂

Tema kajian ini adalah “The Love Wisdom from Prophet Musa’s Marriage”

Kisah nabi Musa AS adalah salah satu kisah unik sarat makna dengan berbagai gelombang kehidupan yang kompleks. Di lahirkan ketika terjadi huru-hura di negeri mesir yang mana saat itu Fir’aun yang berkuasa memerintahkan bala pasukannya untuk membunuh setiap bayi laki-laki yang lahir. Nabi Musa AS  selamat dari petaka itu, ia dihanyutkan kesungai nil oleh ibunya, menariknya peti dimana bayi Musa di taroh mengarah ke istana fir’aun, peti tersebut menjadi daya tarik bagi istri fir’aun setelah dia tahu ternyata ada bayi lucu mungil didalamnya istri fir’aunpun minta izin kepada sang raja untuk merawat serta membesarkan bayi musa.

Ya, singkat cerita bayi musa tumbuh dan dewasa di istana fir’aun, hingga suatu waktu ketika dia beranjak dewasa ia membunuh laki-laki mesir (dari golongan fir’aun) yang berkelahi dengan golongannya (bani israil) secara tidak sengaja. Setelah peristiwa pembunuhan tersebut tersiarlah gelagat tidak baik dari pihak istana yang mempunyai niat buruk kepada Musa hingga akhirnya dia keluar dari mesir untuk menyelamatkan diri.

Dari sinilah awal kisah cinta nabi Musa AS, perjalanan panjangnya dari kota mesir (dengan bimbingan Allah tentunya) membawa jejak langkahnya kesebuah negeri, madyan namanya. Di tengah perjalanan beliau menjumpai dua wanita yang mengantri untuk mengambil air untuk ternaknya, namun mereka tidak mampu melakukannya. Kemudian dibantu Musa.

Di saat itulah, Musa merasa sangat membutuhkan pertolongan dan bantuan. Tapi tiada lagi tempat mengadu, tidak ada keluarga, tidak ada pekerjaan, tidak mungkin kembali ke Mesir dalam waktu dekat. Di saat itulah, Musa merasa sangat butuh pertolongan Tuhannya. Di bawah teduh pepohonan, beliau berdoa,

فَسَقَى لَهُمَا ثُمَّ تَوَلَّى إِلَى الظِّلِّ فَقَالَ رَبِّ إِنِّي لِمَا أَنْزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيرٌ

Musa memberi minum ternak itu untuk menolong kedua wanita itu, kemudian dia duduk di tempat yang teduh lalu berdoa: “Ya Tuhanku Sesungguhnya aku sangat membutuhkan setiap kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku “. (QS. Al-Qashas: 24).

Gayung pun bersambut, seusai doa Allah hilangkan keresahan Musa, setahap demi setahap. Datanglah salah satu diantara wanita yang ditolong Musa, menawarkan kepada Musa agar mampir ke rumahnya. Menemui ayah sang gadis. Ternyata kedua anak gadis tersebut adalah putri dari nabi Syuaib AS.

Kebaikan nabi Musa AS membuat ayah dari kedua gadis tersebut tertarik untuk mengenal nabi Musa AS lebih dekat,

“wahai ayahku, berilah dia upah. Sesungguhnya engkau akan memberikan upah kepada seorang yang kuat dan jujur” ujar putri nabi Syuaib.

Si ayah bertanya kepadanya :

“bagaimana engkau mengetahui dia seorang lelaki yang kuat”

Anak gadisnya menjawab

“Saya lihat sendiri ia mengangkat batu yang tidak mampu diangkat oleh sepuluh orang lelaki”

Si ayah bertanya lagi :

“Bagaimana engkau mengetahui bahwa dia seorang yang jujur”

Perempuan itu menjawab :

“Ia menolak untuk berjalan di belakangku dan ia berjalan di depanku sehingga ia tidak melihatku saat aku berjalan. Dan selama perjalanan saat aku berbincang-bincang dengannya, dia selalu menundukkan matanya ke tanah sebagai rasa malu dan adab yang baik darinya

* Jika jalan berbelok Nabi Musa memberi tanda kepada gadis itu dengan melemparkan ranting, sama sekali tidak menoleh ke belakang sedikitpun.

Kemudian orang tua itu memandangi Nabi Musa as dan berkata kepadanya :

“Wahai Musa, aku ingin menikahkanmu dengan salah satu putriku. Dengan syarat, hendaklah engkau bekerja menggembala kambing bersamaku selama delapan tahun. Seandainya engkau menyempurnakan sepuluh tahun maka itu adalah kemurahan darimu. Aku tidak ingin menyusahkanmu, sungguh insyaAllah engkau akan mendapatiku termasuk orang-orang yang saleh”

Nabi Musa as kemudian berkata  :

“Ini adalah kesepakatan antara aku dan engkau dan Allah SWT sebagai saksi atas kesepakatan kita, baik aku akan melaksanakan pekerjaan selama delapan tahun maupun sepuluh tahun.  Setelah itu, aku bebas untuk pergi ke mana saja”

Akhirnya menikahlah nabi Musa AS dengan putri Nabi Syuaib AS, ada hikmah berharga yang bisa kita petik dari kisah ini yaitu siapapun jodoh kita, dimanapun jodoh kita maka itu adalah cerminan diri kita. Dikisah diatas kita melihat bagaimana nabi Musa AS adalah seorang laki-laki yang baik budinya dan mulia akhlaknya, bagaimana ia menjaga diri dengan menundukkan pandangannya terhadap wanita hingga pada akhirnya Allah pertemukan juga dengan wanita baik-baik putri Nabi Syuaib AS.

Selain itu, Nabi Musa memperlihatkan sikap menghargai mertuanya dengan bekerja 10 tahun padahal Nabi Syuaib hanya menawarkan 8 tahun. Nabi Musa sangat RESPECT kepada mertuanya, karena sudah mempercayai dirinya, memberikan anak gadisnya kepada beliau, laki-laki yang tidak mempunyai apa2 saat itu kecuali akhlak yang baik.

 

~~~

Dari cerita diatas, ibroh yang dapat dipetik adalah ketika Nabi Musa merasa berada di titik nol, keluar dari istana yang tadinya dia bisa mendapatkan apapun, berkebalikan 180 derajat, beliau tidak punya sepeser uangpun, bahkan kelaparan, tidak punya sanak family dan penuh dengan ketakutan, beliau pasrah kepada Allah. Nabi Musa yakin bahwa tidak ada seorang pun yang bisa membantu selain Allah, disaat Nabi Musa yang seharusnya dibantu, namun beliau malah membantu orang lain dan Allah mengabulkan jawaban dari doa-doanya secara bertubi2 dari arah yang tidak disangka-sangka. Coba kalo kita berada di posisi Nabi Musa yang ditimpa kemalangan.. Duuh gw aja lagi susah mau bantu oraaang..

  • Allah berikan jaminan keamanan kepada Musa, dengan Allah kumpulkan beliau bersama orang soleh (ayah si gadis).
  • Si ayah menikahkan Musa dengan salah satu putrinya.
  • Musa mendapatkan pekerjaan dan tempat tinggal yang aman di kota Madyan.

Kemenangan dan keberhasilan bertubi-tubi Allah berikan kepada Musa. Yang semua itu dimulai setelah dia berdoa dengan penuh rasa harap, merasa fakir di hadapan Allah, memohon agar Allah menurunkan banyak kebaikan untuknya.

Seperti itulah diantara adab dalam berdoa. Berdoa dan memohon kepada Allah, di saat kita merasa sangat membutuhkan pertolongan Allah, menjadikan doa mustajab. Karena kita merasa sangat dekat dengan Allah. Sehingga doa yang dilantunkan menjadi sangat berkualitas.

Berbeda dengan doa yang sifatnya rutinitas. Membaca teks Arab, namun tidak diiringi kehadiran hati. Hanya sebatas di lisan, tanpa ada perasaan butuh kepada Allah. Kondisi ini menjadikan doa kita tidak mustajab. Sebagaimana yang dinyatakan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam,

ادْعُوا اللَّهَ وَأَنْتُمْ مُوقِنُونَ بِالإِجَابَةِ، وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ لَا يَسْتَجِيبُ دُعَاءً مِنْ قَلْبٍ غَافِلٍ لَاهٍ

“Berdoalah kepada Allah dengan penuh keyakinan akan dikabulkan. Ketahulilah bahwa Allah tidak akan memperkenankan doa dari seorang hamba yang hatinya lalai.” (HR. Turmudzi 3479, Hakim dalam al-Mustadrak 1817 dan dihasankan oleh al-Albani).

 

Sumber : darisini dan darisini dengan sedikit editing dan penambahan sesuai dengan isi kajian.

Dua is Not Amazon.com

Suka banget sama postingan ini yang diambil dari sini.. Keep khusnudzon.. Fighting!! ^^ judulnya.. Dua is Not Amazon.com

Ceramah yang menarik dari Ustadz Nouman Ali Khan mengenai surat Al Baqarah:186.

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِى عَنِّى فَإِنِّى قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ ٱلدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا۟ لِى وَلْيُؤْمِنُوا۟ بِى لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo`a apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”

Video ini sebenarnya potongan dari ceramah “Ramadhan, a gift from Muslim”. Pas bahas Al Baqarah:186 itu NAK membahas dari sisi bahasanya dan urutan katanya, tapi di video di atas ini bagian itu ga ada.

Ayat ini diawali dengan perkataan Allah pada Rasulullah SAW, “ketika hamba2Ku bertanya padamu tentang Aku, maka Aku dekat”. Susunan kalimat ini berbeda dengan kalimat2 serupa, misalnya “dan mereka bertanya tentang anak yatim, katakanlah…” atau “dan mereka bertanya tentang khamr dan judi, katakanlah…”. Jadi hambaNya bertanya melalui Rasulullah, dan Allah pun menjawab melalui Rasulullah dengan bilang, “qul” atau “katakanlah”. Tapi di Al Baqarah: 186 ini ga ada kata “qul”, jadi Allah seperti menjawab sendiri, “maka sesungguhnya Aku dekat”.

Bukan hanya dekat, tapi juga mengabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila ia memohon padaNya. Urutan kata di sini juga menunjukkan betapa bersemangatnya Allah mengabulkan permohonan. Jadi bukan. “apabila ada orang berdo’a maka akan aku kabulkan”, tp disebutkan “mengabulkan permohonan”-nya duluan. Yang menarik di sini Allah menggunakan kata “ujiibu”, yang artinya “immediate response“. Berbeda dengan astajiibu yang artinya “maybe he will respond, atau he will respond over time“. Jadi pas menyebutkan ttg responNya, Allah memakai kata “ujiibu”, pasti dan segera merespon. Barulah saat menyebutkan tentang hambaNya seharusnya merespon juga (memenuhi perintahNya), digunakan kata “fastajibu–dari astajiibu”. Jadi ibaratnya, kamu mungkin gak bisa respon segera, tapi setidaknya respon/penuhi perintah.

Tapi gimana cara Allah merespon? Allah merespon dengan caraNya, dengan timing-Nya. Gak sama dengan kita pesan barang di Amazon dot com, kita pesan lalu beberapa hari kemudian barang datang. Kita bukan customer-Nya Allah. Kadang kita lupa, bahwa Dia di posisi tertinggi, sedangkan kita di posisi terendah: hamba. Allah memberi kesempatan untuk berdo’a padaNya, dengan jalur komunikasi yang dedicated hanya untuk kita denganNya, untuk mendengar dan mengabulkan setiap permintaan kita, tapi dengan caraNya sendiri, yang kadang kita emang gak paham. Jadi ketika berdo’a “Ya Allah, sekeluarnya saya dari ruangan ini, tolonglah itu mobil saya di parkiran, kijang kotak, tolong ubah jadi BMW keluaran terbaru”. Dan ketika nyampe parkiran ternyata mobil ga berubah, kita protes, why God?

Banyak orang kehilangan kepercayaannya karena “lelah” berdo’a, karena merasa do’anya nggak dikabulkan. Mungkin kita gak ngeliat langsung hasil dari do’a2 kita, tapi kita harus percaya “tangan2″ Allah sedang bekerja. Allah mengabulkan do’a dengan caraNya. Dan kita harus percaya bahwa caraNya jauh lebih baik dari cara kita, atau yang kita inginkan. Dan meskipun do’a belum menampakkan hasilnya di depan hidung kita, yakinlah setidaknya ada hal2 yang pasti kita dapatkan setiap kali berdo’a: kepercayaan kita yang bertambah padaNya, rasa tenang dalam hati, dan petunjuk–seperti di akhir ayat 2:186: لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ (supaya kamu mendapat petunjuk).

-HS-

Tayammum

Assalamu’alaykum wr wb

Yah.. Kemaren saya manasik, salah satu materinya adalah tayammum. Nah dibanding catetannnya saya keep sendiri lebih baik saya tulis di blog ya dan di tambahkan dari sini

Semoga bermanfaat. 🙂

1. Pengertian tayammun

Kata تَيَمَّمُوا

dalam ayat  (as-Suyuthy & al-Mahali, al-Jalalain, al-Baqarah: 267)  artinya bersengaja, bermaksud, atau bertujuan.
Sedangkan secara istilah syari’at, tayammum adalah tata cara bersuci dari hadats dengan mengusap wajah dan tangan, menggunakan sho’id yang bersih.

2. Keadaan yang  Dapat Menyebabkan Seseorang Bersuci dengan Tayammum
a
. Syaikh Dr. Sholeh bin Fauzan Al Fauzan hafidzahullah menyebutkan beberapa keadaan yang dapat menyebabkan seseorang bersuci dengan tayammum.
– Jika tidak ada air baik dalam keadaan safar/dalam perjalanan ataupun tidak[15].
– Terdapat air (dalam jumlah terbatas pent.) bersamaan dengan adanya kebutuhan lain yang memerlukan air tersebut semisal untuk minum dan memasak.
– Adanya kekhawatiran jika bersuci dengan air akan membahayakan badan atau semakin lama sembuh dari sakit.
– Ketidakmapuan menggunakan air untuk berwudhu dikarenakan sakit dan tidak mampu bergerak untuk mengambil air wudhu dan tidak adanya orang yang mampu membantu untuk berwudhu bersamaan dengan kekhawatiran habisnya waktu sholat.
– Khawatir kedinginan jika bersuci dengan air dan tidak adanya yang dapat menghangatkan air tersebut.
b. Jadi dengan kata lain tayammum adalah pengganti wudhu
c. 1 kali tayammum untuk 1 kali sholat wajib

Continue reading “Tayammum”

Seuntai doa

Allah Swt. berfirman dalam surat Al Baqarah 117 :

 

 

 

 

“Allah Pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia hanya mengatakan kepadanya, “Jadilah!” lalu jadilah ia.” (QS. Al Baqoroh 117)

Al Qur’an telah mengajarkan orang yang beriman untuk meminta pertolongan hanya kepada Allah saja. Tidak ada yang bisa mengabulkan doa dan menyelamatkan manusia  dari berbagai kesulitan selain Allah.

Rasulullah saw  bersabda: Ad du’aa silahul mukmin (doa itu adalah senjatanya orang mukmin).  Beliau juga mengatakan:  “Tidak ada yang dapat menolak taqdir (ketentuan) Allah Ta’ala selain do’a. Dan Tidak ada yang dapat menambah (memperpanjang) umur seseorang selain (perbuatan) baik.” (HR Tirmidzi 2065)

Nah, berikut seuntai doa yang saya diambil dari group liqo, baguus deeeh.. 🙂 🙂 🙂

Yaa Allah…
Jika saat ini saudara/i dan teman2ku tersenyum, semoga menjadi ibadah buatnya
Jika ia marah, semoga tak melampaui batasnya
Jika ia bersedih, semoga kesedihannya bisa menghidupkan hati dan jiwanya
Jika ia sakit, semoga menjadi penggugur dosa-dosanya
dan jika ia ragu serta bimbang, mantapkan pendirian dihatinya
Semoga apa yang ia lakukan hari ini, esok dan dikemudian hari, jauh lebih baik dari waktu yang telah lalu
Semoga kebahagiaan dan keberkahan selalu menyertainya

Yaa Allah…
Muliakanlah yang membaca doa ini
Lapangkanlah hatinya dan bahagiakan keluarganya
Luaskanlah rezkinya
Mudahkan segala urusannya
Jauhkan ia dari segala penyakit, fitnah, prasangka keji dan mungkar, serta terimalah semua amal ibadahnya, dan kelak jadikanlah ia sebagai penghuni surgaMU.


"Yaa muqallibal quluub, tsabbit quluubunaa 'alaa diinik"
Wahai Dzat yang Maha Membolak balikkan hati, teguhkanlah hati kami di atas agama-Mu

Lelaki seperti apa, menghasilkan istri seperti apa

Assalamu’alaykum wr wb

Saya menemukan artikel ini group WA, artikel ini bener bangeet.

Pada dasarnya wanita itu ngikuut, lelaki yang memegang kendali.. Sekeras apaapun wanita itu, pasti manut kok asal pihak lelaki mengerti celah wanita tersebut. Ambil dulu hatinyaaa, perlakukanlah ia dengan baik, yakinkanlah ia, itu hanya cara wanita menilai apakah ia menjatuhkan pilihan kepada lelaki yang tepat. Kalau wanita udah mau mah in shaa Allah lah, semua bisa dibicarakan 🙂 🙂 🙂 Selama untuk kebaikan, cewek mah bakalan ngikuuut.. ^^

Oiya balik lagi, jadi tugas wanita itu adalah mensupport dan mengarahkan lelakI supaya on the right track. Intinya sih lelaki dan wanita, sama2 belajar menjadi pribadi yang lebih baik tapi kontrol tetap berada di lelaki tersebut. Karena setinggi apapun wanita, wanita adalah makmum dan lelaki adalah imamnya..
Oke langsung saja yaaa..

Lelaki seperti apa, menghasilkan istri seperti apa.

Serang teman merasa istrinya semakin lama semakin egois dan kasar. Karena itu, mereka bertengkar setiap hari. Saking seringnya bertengkar, lelaki ini  memiliki selingkuhan. Akhirnya, mereka bercerai dan sang suami menikah lagi dengan selingkuhannya. Sang mantan istripun tak lama kemudian menikah lagi. Mereka masih belum dikaruniai anak. pernikahan baru keduanya masing masing berjalan dengan sangat lancar. Tetapi setelah menikah, istri baru dari lelaki ini semakin lamapun kelembutannya semakin pudar.

Rumah tangga mereka berakhir sama seperti yg dulu, sedikit sedikit bertengkar. Istri barunya bahkan tidak mau mengerjakan pekerjaan rumah, teman saya terpaksa membersihkan rumah sendiri. Teman saya merasa nasib dia tidak baik, mengapa ia selalu memilih istri yg kurang baik, setiap hari ia mengeluh. Sampai suatu hari, di suatu acara makan malam ia secara kebetulan bertemu dengan suami baru mantan istrinya.

Pada awalnya kedua lelaki ini tidak berbicara apa apa, tetapi setelah saling menyapa merekapun minum bersama. Akhirnya teman saya tak bisa menahan diri lagi dan bertanya bagaimana keadaan rumah tangga mereka. Suami baru mantan istrinya ini tidak tampan, tetapi sangat teliti dalam berbicara.
Ia berkata, “Istri saya adalah wanita yg sangat hebat, sangat perhatian dan lembut, ia mengerjakan seluruh pekerjaan rumah tanpa mengeluh. Juga sangat menyayangi saya, ia selalu bersikap baik ke orangtua, saudara, dan teman teman saya. Saatnya jujur dia akan jujur, saatnya butuh perhatian, dia akan memberi perhatian penuh. Wanita seperti ini, sudah sedikit sekali.”

Teman saya setelah mendengarnya merasa bingung, dan berpikir apa dia memang sebaik itu?. Mengapa dulu dia sama sekali tidak menyadarinya?. Pasti ini semua cuma bualan suami baru istrinya ini untuk membuat saya bingung.

Tak lama kemudian, kebetulan sekali, teman saya pergi berbelanja ke supermarket dan melihat mantan istri dan suami barunya sedang berbelanja. Ia bersembunyi di samping dan memperhatikan, akhirnya ia menyadari pasangan itu benar benar bahagia. Kebahagian itu bisa ia lihat dari senyuman mantan istrinya yg selalu bermekaran. Juga bisa dilihat dari pelukan lembut yg diberikan oleh lelaki di sampingnya itu.

Sebenarnya, di bermacam situasi, istri berubah menjadi malaikat atau berubah menjadi nenek sihir, semua tergantung pada lelaki. Didetik wanita memutuskan untuk menikah, ia juga memutuskan untuk menjalani hidup dengan baik bersama suaminya. Walaupun dalam pernikahan, kesabaran merupakan suatu kebajikan, tetapi jika ada cinta maka ada toleransi. Saat anda merasa tidak puas dengan wanita anda, wanita pun tidak peduli lagi.

Jadi, jika anda menginginkan wanita baik seperti malaikat, terlebih dahulu perlakukan dia sebagai malaikat. Karena semua wanita di dunia yang sudah menjadi “istri seseorang” memiliki potensi menjadi malaikat. Saat anda bisa melakukannya dengan baik, anda akan menyadari bahwa perubahan sikap anda dapat membentuk sesosok malaikat yg sempurna.

Cinta wanita muncul karena kasih sayang pria, Kebencian wanita muncul karena kebohongan pria; Keluhan wanita muncul karena kedinginan pria. Kebahagiaan wanita muncul karena kehangatan pria. Kecantikan wanita muncul karena dimanjakan pria. Kerusakan wanita adalah hutang pria.

Wanita adalah sebuah piano, jika bertemu dengan seorang pianis handal, suara yg dihasilkan adalah lagu kelas dunia, jika dimainkan oleh orang biasa, maka akan menghasilkan lagu pop, tetapi apabila dimainkan oleh orang sembarangan, pasti tidak akan membentuk sebuah lagu.