Pencegahan Agar Atopik Tidak Mudah Kambuh

Assalamu’alaykum wr wb..

Saya lagi on fire bgt nih keknya ngeblog.. Sesuai dengan #resolusi2018 yang saya pajang di dinding kamar kalo min OMOP (One Month One Post). Di tahun 2018 ini, saya baru menerbitkan 3 postingan brati saya masih punya utang 3 postingan ke depan biar tetep on track sama komitmen saya buat di awal hoho.. Ngaret si tapi better daripada bolong #ngeles

~~~

Teman-teman dekat saya di kantor, pasti tau kalau penyakit yang sering bikin saya bolak balik ke dokter yaitu seputar alergi, sinus dan diare wkwkkw.. Terdengar penyakit sepele ya tapi cukup menyiksa si kalau lagi kambuh.. huhu.. Ternyata eh ternyata pas saya cek ke dokter kulit peradangan kulit itu namanya dermatitis atopik.

Apa itu dermatitis atopik?
Dermatitis atopik merupakan salah satu jenis dermatitis (eksim) yang terjadi akibat adanya peradangan pada kulit dan tidak menular. Kondisi ini bisa disertai dengan kulit yang memerah, kering, dan pecah-pecah. Peradangan biasanya berlangsung lama, bahkan hingga bertahun-tahun. Dermatitis atopik sering kali muncul pada bagian kulit yang memiliki lipatan. Seperti di bagian dahi pada wajah, area sekitar mata dan telinga, bagian samping leher, bagian dalam siku, bagian belakang lutut, dan area sekitar selangkangan.
*Sumber : dari sini

WhatsApp Image 2018-07-06 at 11.14.58Contoh atopik pada bagian dalam siku saya yang sudah mengering

 

Apa sih penyebabnya?
Umumnya, dermatitis atopik disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Orang-orang dengan eksim cenderung memiliki kadar imunoglobulin E (IgE) yang tinggi di dalam darahnya. Penyakit kulit ini bukan disebabkan oleh infeksi.
Penyakit ini bersifat kambuh-kambuhan, datang dan pergi tergantung daya tahan tubuh kita dan faktor pemicu lainnya seperti hal-hal berikut :

  • Daya tahan tubuh yang sedang menurun tapi kegiatan yang cukup padat/kurang tidur.
  • Kecapean
  • Kondisi kulit yang terlalu kering
  • Makanan, seperti: susu, ikan, telur, jeruk, kacang, gandum.
  • Alergen non-makanan, seperti: debu, detergen, sabun, parfum.
  • Banyak pikiran/Stress
  • Suhu yang ekstrem, seperti: cuaca dingin dengan kelembapan yang rendah dan udara kering.

*Sumber : dari sini, sini dan dokter.

Apakah penyakit eksim bisa disembuhkan (permanen)?
Penyakit eksim dapat diobati, namun bakat atopik/alergi yang merupakan bawaan tidak dapat dihilangkan. Kondisi ini dapat diperbaiki dengan pola hidup yang baik seperti menjaga kondisi tubuh tetap stabil dengan menghindari faktor-faktor yang menurunkan imunitas tubuh (misalnya kelelahan, tidur terlalu malam, faktor pikiran stres).
*Sumber : dari sini

Lalu bagaimana pencegahan agar tidak cepat kambuh?
Ada beberapa cara untuk mencegah dermatitis atopik kambuh. Salah satunya adalah dengan menghindari faktor pencetus. Jika pencetus alergi adalah debu, hindari debu. Jika pencetusnya berupa susu, hindari semua makanan dan minuman yang mengandung susu. Oleh karena itu, pada saat kambuh kita harus cermat untuk menemukan polanya. Apakah karena stress, kecapean, kotor, makanan, udara, dll.

Saya adalah salah seorang pasien penderita atopic, jadi kalau lagi kambuh ya merah-merah di badan, untungnya muka saya baik-baik aja, jadi ga kliatan “kenapa-kenapa” dan temen-temen saya suka ga percaya kalo saya lagi sakit hati #eh. Jujur saya pernah di titik LELAH, karena saya harus bolak balik dokter, kesel [sama diri sendiri] karena harus minum obat [lagi dan lagi], ngerasa jangan-jangan ini badan saya isinya obat T_T, terus harus oles-oles saleep di area gatal, apalagi kalo claim reimburse pengobatan itu nominalnya lumayan banget. Sekali berobat mostly jutaan, dan biasanya ga cuma datang sekali. Untungnya gratis kan, tapi ya lebih untung lagi ya sehat, ga kambuh2an hehe.

Saya pun akhirnya nanya ke dr. Edwin Tanihaha, beliau adalah dokter SpKK yang sudah +/- 3 tahun ini saya recokin kalo alergi saya lagi kambuh ampe doi apal haha.. Oiya, Dokter Edwin ini praktek di RS. Siloam Simatupang ya. Dokternya good looking, ramah dan sabar. Selain itu, dokternya juga buka praktek untuk kecantikan ya.. Jadi kalau saya lagi antri brobat alergi, gabung sama orang2 yang mau “cantik” ntah filler lah atau sekedar perawatan biasa hahaha. Baique.. Saya mah apalah ya.. Cuma remah-remah nastar sisa lebaran haha..

Saya : Dok.. Saya bosen terus-terusan minum obat kalau lagi kambuh, tapi kalau ga minum obat gatel n merah-merah, dok. Ada cara lain ga si biar ga minum obat terus?

Dokter : *senyum* Cukup ubah POLA HIDUP kamu Din..

Saya : *nyengir kuda* Hmm.. baiklah..

Lalu POLA HIDUP seperti apa yang dimaksud? Sebenernya sama kayak anjuran dalam agama Islam si yaitu BALANCED LIFE, ya hidup dan makan sehat, jaga kerbersihan, tidur tidak terlalu larut, tidak banyak pikiran/stress, jangan kecapean, dll. Tapi ya gitu deh, saya sering banget ngelanggarnya dengan seribu satu alasan hahaha..

So berikut tips yang beliau berikan agar atopiknya ga cepet kambuh, yaitu :

  • Mengganti sabun mandi dengan sabun bayi atau sabun non perfume mis oilum atau sabun cair yang kaya moisturizer contoh sabun cair Leivy Nourishing Shower Cream with Royal Jelly & Honey.
  • Mandi minimal 2 kali sehari. Kalau misalkan kita pulang ke rumah sudah larut malam banget terus sudah capek banget terus ga bisa mandi ya minimal badan di lap dengan menggunakan wash lap. Jadi kita ga boleh tidur dalam keadaan kotor, nanti kuman dari luar nempel deh ke kasur. Pokoke harus bersih!
  • Jagalah kelembapan kulit dengan cara rajin menggunakan pelembab minimal 2 kali sehari sehingga kulit tidak kering. Pelembab yang dianjurkan lagi-lagi yang non perfume ya seperti noroid dan cetaphil yang akan saya review [nanti]. Eiya pake pelembab ini hukumnya WAJIB bagi penderita atopik.
  • Jangan mengenakan pakaian ketat atau berbahan kasar.
  • Rubah POLA HIDUP!!! Jagalah daya tahan tubuh dengan makan makanan bergizi, konsumsi buah sayur, olahraga ringan, dan istirahat yang cukup.
  • Setiap pagi minum vitamin, kalau saya disuruh dokter minum vit seperti Asthin Force 6.  Minum vit juga hukumnya WAJIB. Kesalahan yang sering terjadi pada kita termasuk saya sebelum tahu adalah minum Vit kalo badan ngedrop padahal minumlah vit setiap hari, biar kondisi kita tetep Fit, ga ngedrop even punya segudang aktivitas.
  • Jangan suka begadang, bukan kata bang oma kok, kata doternya. Waktu saya kambuh, dokternya sampe ngasih saya obat tidur haha.. Pokoknya paling malem usahakan tidur sebelum jam 10 malem. Ini bener si, sebelum dibilang gitu, saya juga ngerasa kalo begadang muka tu jadi item kusem.. boro2 glowing wkwkwk..
  • Bila gatal, sebaiknya jangan digaruk. Bagian yang gatal dapat diolesi dengan (salep + obat dalam dari dokter) untuk mengurangi rasa gatal.
  • Hindari STRES. Jadi harus happy, jangan memikirkan hal yang ga perlu dipikirkan hihi
  • Bersihkan secara berkala perlengkapan tidur. Ganti seprai dan sarung bantal guling minimal 2 minggu sekali.
  • Kondisikan udara tempat tinggal sejuk. Tidak dingin dan tidak panas. Jadi kalau pakai AC biasanya saya setting 29 derajat atau kalau sudah larut malam saya matikan hehe..
  • Bersihkan rumah secara rutin.

Sekian sharing dari saya, semoga bermanfaat. So far, kalau saya komit n disiplin buat merubah POLA HIDUP jadi lebih baik, si atopik jarang kambuh si dan hidup aman tentram #lah..  Ayo semangat hidup sehaaat.. ^^

Advertisements

One thought on “Pencegahan Agar Atopik Tidak Mudah Kambuh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s