Belajar Tahsin di LTQ Al Hikmah

Assalamu’alaykum wr wb
Alhamdulillah postingan pertama di 2018 hehe.. So langsung aja ya..
Tahun 2017 kemaren, akhirnya saya mengikuti Tahsin di Al Hikmah Bangka Jakarta Selatan dan alhamdulillah saya sudah lulus Tahsin 1 dan sekarang masih lanjut ke Tahsin 2. Semoga bacaan saya menjadi lebih baik ya.. Aamiin..

Hmm buat yang belum tahu tahsin, apa sih Tahsin?
Kalau menurut Wikipedia,
Tahsin (bahasa Arab: تحسین) adalah kata Arab yang berarti memperbaiki, meningkatkan, atau memperkaya. Tahsin atau tajwid adalah “mengeluarkan setiap huruf-huruf al Quran dari tempat keluarnya dengan memberikan hak dan mustahaknya.” Atau dengan kata lain menyempurnakan semua hal yang berkaitan dengan kesempurnaan pengucapan huruf-huruf al Quran dari aspek sifat-sifatnya yang senantiasa melekat padanya dan menyempurnakan pengucapan hukum hubungan antara satu huruf dengan yang lainnya seperti idzhar, idgham, ikhfa dan sebagainya.

Kalo kata teman-teman pengajian saya, metode pembelajaran disana cukup bagus yaitu dengan cara talaqi dan most of them belajar tahsin disana bahkan ada yang sudah sampai kelas tahfidz.

Kenapa si harus belajar Tahsin?
Berikut adalah alasan utama kita belajar Tahsin yang saya kutip dari sini ya..
1. Membaca Al-Qur’an Sesuai Tajwid Itu Hukumnya Fardhu ‘ain
Meskipun mempelajari teorinya berhukum fardhu kifayah, namun praktik membaca Al-Qur’an sesuai tajwid itu hukumnya wajib bagi setiap muslim. Bagaimana bisa kita membaca Al-Qur’an sesuai dengan tajwid jika kita enggan untuk belajar tahsin? Allah memerintahkan kita dalam Qur’an surat muzammil ayat 4;
ورتل القرءان ترتيلا
“Dan tartilkanlah Al-Qur’an dengan setartil-tartilnya.”
Ali bin Abi Thalib menjelaskan makna tartil dalam ayat, ”Mentajwidkan huruf-hurufnya dengan mengetahui tempat-tempat berhentinya”.

2. Sebagai Bentuk Memuliakan Al-Qur’an
Sebagaimana kita tahu, Al-Qur’an adalah wahyu Allah yang ditujukan kepada kita melalui Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan diperantarai oleh malaikat Jibril ‘alaihissalam. Pantaskah kita membacanya dengan serampangan? Padahal ia adalah firman Allah yang Mulia.

3. Agar Tidak Mengubah Arti Sebuah Ayat
Hal ini yang sangat amat penting untuk kita garis bawahi. Bahwa ketika kita membaca Al-Qur’an tanpa ilmu tajwid, maka bisa jadi kita jatuh pada sebuah kesalahan fatal; mengubah firman Allah subhanahu wa ta’ala tanpa kita sadari. Ketika kita tak bisa membedakan cara membaca huruf ح dengan ه,  ث dengan س,  ق dengan ك , dan lain sebagainya, maka kita bisa mengubah arti bacaan melenceng jauh dari aslinya. Misalkan; ketika kita membaca surat Al-ikhlash. Kita membaca qul dengan kul, sungguh kita telah benar-benar merusak artinya. Qul huwallahu ahad berarti “Katakanlah; Dialah Allah yang Maha Esa” sementara kul huwallahu ahad berarti “Makanlah; Dialah Allah yang Maha Esa.” Na’udzubillah tsumma na’udzubillah. Ini baru 1 ayat, dengan contoh 2 huruf yang seringkali salah diucapkan oleh kebanyakan orang. Bagaimana dengan kesalahan ucap 26 huruf lainnya?

4. Agar Bacaan Kita Bisa Menjadi Pelipur Lara, Penyejuk Hati Bagi Kita dan Orang Lain yang Mendengarny
Jika selama ini kita merasa bahwa bacaan Qur’an kita tak membekas dalam dada, tak mengobati hati yang duka, tak semangati jiwa yang merana, sungguh kita patut bertanya ‘apa yang salah dengan bacaan qur’an saya?’ Sebab Allah janjikan dalam Al-Qur’an bahwa ia adalah obat bagi jasmani yang sakit serta ruhani yang merasa terhimpit. Jika kita tak mendapatkannya, tentu bukan Allah yang ingkar janji, tapi kita yang belum memenuhi syarat untuk meraih janjiNya. Maka salah satu syaratnya adalah dengan membaca Al-Qur’an tersebut sesuai dengan tajwidnya; Memenuhi setiap hak huruf-hurufnya.
Dan betapa banyak orang yang mendapat hidayah setelah mendengar bacaan Qur’an yang bagus. Sungguh, tidakkah kita tergiur agar dari lisan kita terketuk hati-hati orang untuk mencintai kalamNya? Tidak perlu jauh-jauh bicara orang sedunia, setidaknya berharaplah agar dengan bacaan kita, keluarga kita akan mencintai ayat-ayatNya.

5. Agar Menjadi Sebaik-Baik Manusia di Mata Allah
Rasulullah Saw bersabda :
خيركم من تعلم القرءان و علمه
“Sebaik-baik kalian adalah yang belajar al-Quran dan mengajarkannya” ( HR. Bukhari)
Apalagi yang lebih istimewa dari hal ini? Apa yang lebih menggembirakan selain hal ini? Ketika kita hamba yang penuh alpha disebut Allah dan RasulNya sebagai sebaik-baik manusia.

Dimana lokasinya?
Sebenernya banyak banget tempat belajar tahsin di Jakarta, mulai dari yang lembaga maupun yang private dipanggil di rumah tapi kalau saya si disini

This slideshow requires JavaScript.

LTQ Al Hikmah
Jl. Bangka no. 24 Pela Mampang
Mampang Prapatan
Jakarta Selatan
Telp. 021-41707178
Note : Kalau dari arah Ragunan, jalannya sisi kiri jalan, di perempatan yang ada Majestyk bakery belok kiri.

Berapa biayanya?
Pendaftaran : Rp. 100.000,-
SPP / Semester 1 x Sepekan : Rp. 250.000,-
Infaq Buku Paket, Ujian dll + Rp. 100.000,- / Persemester.

Kapan waktu belajarnya?
IKHWAN
1 x pertemuan sepekan (sabtu)
Pagi jam ke-1 : Pukul 06.00 – 08.00
Pagi jam ke-2 : Pukul (08.30 – 10.30)
2 x pertemuan sepekan(Selasa & Kamis)
Pukul 06.00 – 08.00
Mulazamah/intensif (Senin – Jum’at)
Malam : Pukul 18.30 – 20.15
AKHWAT
1 x pertemuan sepekan (sabtu)
Pagi jam ke-1 : Pukul 06.00 – 08.00
Pagi jam ke-2 : Pukul (08.30 – 10.30)
2 x pertemuan sepekan(Selasa & Kamis)
Pukul 06.00 – 08.00
Mulazamah/intensif (Senin – Jum’at)
Senin – Jum’at : Pukul 06.00 – 08.00

Kalau saya sih, ambil kelas setiap hari Sabtu Pagi jam ke-2.

Bagaimana prosesnya?
Saya mendaftar pertengahan tahun kemaren untuk kelas tahsin periode Juli-Desember 2017. Setelah mendaftar online, saya datang untuk mengikuti placement test dan saya masuk ke dalam Tahsin 1. Lalu sekre akan membagi murid perkelompok seperti kelompok halaqoh/liqo/mentoring, yaitu sebanyak 5-15 orang yang berbentuk melingkar dan diajari oleh seorang pengajar. Metode yang di gunakan adalah metode talaqi, pertama ngaji barengan, terus bahas materi terkahir talaqi sendiri2. Saya suka banget nih talaqi sendiri2, jadi brasa kayak les private hehe.. dibenerin bacaan kita ampe bener deh pokoke.. Oiya untuk ikhwan di lantai 2 dan akhwat di lantai 3.
Kita juga diberikan buku mutabaah yaitu buku yang berisi evaluasi harian yang isinya kalian dah ngaji berapa ayat/halaman perhari dan kalau kalian udah mulai menghafal juga bisa dituliskan disitu, dan akan di review per pekan ketika ketemu gurunya. Tenang aja ini ga buat riya, untuk memotifasi dan semoga istiqomah maklumlah namanya iman khan naik turun..
Selain belajar ngaji, kadang ada tausiyah gitu.. jadi brasa ga sia2 dateng pagi2 buta di hari libur, yang mungkin seharusnya saya bisa leyeh2. In shaa Allah balik dari sana hati pasti adeeeem. Selama satu semester kita belajar, akan ada 2 kali ujian yaitu UTS dan UAS. Test lisan hanya ada pas UAS. Kalau lulus lanjut ke tingkatan berikutnya kalo gagal ya ngulang lagi. Tapi tenang aja, usaha kita ga bakal sia2 kok, setiap jerih payah kita ngelawan setan males buat belajar in shaa Allah akan Allah ganti dengan sebaik2nya pahala dan kebaikan.. 🙂 Eiya, abis UAS biasanya rihlah (jalan2) gitu deh sama tukeran kado ama anak2 satu kelompok.. Asiik deh pokoke ^^

Kalau saya punya tips tersendiri, biar efek belajar tahsin berasa, ga lewat doang, yaitu
1. Tilawah dengan menggunakan Al Quran khusus tajwid (ada warnanya yang mana gunnah, ikhfa, idgham, qolqolah dll)
2. Ikutan program One Day One Juz (ODOJ) dan sejenisnya. Karena saya takut ikutan ODOJ terus asal ngaji (karena ngerjar target kayak beberapa tahun yang lalu cuma bertahan 1 tahun), ga tartil jadi saya ikutan yang One Day Half Juz (ODALF). Niatannya biar saya tiap hari ngaji (padahal bolong2 juga)Practice makes prefect !!! 

So sekian ya review ala2 dari saya semoga bermanfaat ya.. Kalau mau lebih jelasnya silahkan langsung ke http://ltqalhikmah.com/

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s