Mencuci hidung dengan cairan infus

Assalamu’alaykum wr wb

Hay gaes.. Ini postingan kedua hari ini. Critanya saya lagi produktif ngeblog, hari ini hari trakhir saya ngantor dan besok critanya saya baru packing buat haji, padahal koper harus di serahkan lusanya. Haha.. Biasa lah saya mah last minutes.. Tapi semua tetek bengek dah lengkap dan udah ada list catetannya kok. Mungkin itu akan menjadi postingan sendiri ntah kapan.. haha.. Panjang ya mukadimahnya.. haha..

Oke, saya mau crita lagi nih. Jadi jaman SMP saya pernah kena sinusitis. Awalnya, saya dikira asma tapi pas di cek di dokter THT, ternyata bukan asma melainkan sinusitis. Jadilah cairan didaerah sinus itu disedot oleh dokternya. Ga usah dibayangin, nanti malah serem sendiri.. hehe..

Nah kemaren dari sejak puasa, saya hampir minum rhinos/rinofed tiap hari dan sering ga enak body, meriang dan pusing. Saya pikir ya udahlah ya, mungkin pilek biasa (karna dah sering, ga dirasa2in). Karena saya mau haji, jadilah awal bulan ini saya ke dokter THT di RS Siloam TB Simatupang. Akhirnya hidung saya di obok2 lagi deh ama dokter. Pas di cek ternyata ada pembengkakan di hidung, tapi belum termasuk ke dalam sinusitis (kalau tidak segera diobati bisa jadi sinusitis, kata dokternya). Pantas saja, saya suka susah nafas dari hidung, kadang dari mulut. Akhirnya dokternya ngasih saya obat sebanyak ini.. hehe..

20160801_194556

Itu kok ada cairan infuse dan jarum suntik? Buat apaan? Cairan infuse ini digunakan untuk membersihkan hidung. Masih bingung? Yuk saya jelaskan dibawah..

Apa si Sinisitus ?
Buat yang ga tau sinusitis itu apa., berikut kutipannya dari om wiki
Sinusitis adalah peradangan, atau pembengkakan, dari jaringan yang melapisi sinus. Biasanya sinus berisi udara, tetapi ketika sinus tersumbat dan berisi cairan, kuman (bakteri, virus, dan jamur) dapat berkembang dan menyebabkan infeksi.

sinus3

gambar dari google

Apakah Sinusitis itu penyakit yang tidak bisa hilang?
Kata dokter, sinusitis itu bukan penyakit yang sekali diidap lalu menempel terus. Sinusitis itu ternyata bisa hilang, bisa juga kembali #kayakcowokyangbelumsiapkomitmen #eh

Apa manfaat membersihkan hidung?
Kalau yang saya kutip dari sini si, banyak sekali manfaatnya antara lain :

  1. Membersikan lendir dari hidup sehingga pengobatan dapat berjalan efektif
  2. Membersihkan penyebab alergi (elergen) dan penyebab iritasi sehingga mengurangi dampak iritasi tersebut
  3. Membersikan bakteri dan virus sehingga mengurangi infeksi
  4. Mengurangi pembengkakan hidung dan meningkatkan aliran udara ke dalam hidung

Apakah hanya orang berpotensi kena sinus saja yang boleh membersikan sinus?
Kata dokter, jawabannya tidak. Orang dari luar, kena asap atau debu2 bisa juga kok membersihkan hidungnya untuk terhindar dari bakteri2.

Mengapa menggunakan cairan NaCl?
Dikutip dari sini. Cairan NaCl sendiri aman bagi tubuh karena juga merupakan cairan yang biasa digunakan untuk infus. Tidak disarankan menyemprot hidung dengan air biasa karena bisa menimbulkan nyeri.

Kapan saja mencuci hidung?
Untuk orang yang alergian kayak saya, dokter menyarankan dilakukan sebanyak dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari.

Apakah bisa mencuci hidung sendiri?
Bisa banget. Ikuti langkah berikut.

Bahan :

  1. Cairan NaCl (infuse)
  2. 1 jarum suntik yang baru
  3. 1 pipet untuk menumpahkan cairan infuse ke mangkok
  4. 1 mangkok untuk menampung cairan infus
  5. 1 wadah untuk menampung air infus kotor
  6. Tissue secukupnya

PicsArt_08-02-12.14.54

Cara mencuci hidung :

  1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan
  2. Lubangi infus dengan pipet
  3. Tancapkan di salah satu bagian infuse
  4. Tuangkan cairan infuse ke dalam mangkok
  5. Ambil suntikan yang baru, lalu copot jarumnya.
  6. Ambil cairan infus sebanyak 10cc di mangkok dengan menggunakan suntikan. Kalau resep dari dokter saya 50 cc untuk hidung kiri dan 50 cc untuk hidung kanan.
  1. Semprot cairan infuse tersebut ke hidung kiri. Dengan cara, miringkan kepala ke kanan, sambil tadah dengan wadah. Bernafas melalui mulut, bisa sambil bilang “aaaaaakkk.. “ atau senapas seperti kita renang, tujuannya agar air infus tidak masuk ke mulut. Air infuse itu akan keluar bersama lendir2 dan kuman2 dari lubang hidung sebelah kanan. Ulangi sebanyak 5 kali.
  2. Ulangi cara ke 7 untuk hidung kanan, semprot cairan infuse tersebut ke hidung kanan, sambil tadah dengan wadah. Dengan cara, miringkan kepala ke kiri. Bernafas melalui mulut. Ulangi sebanyak 5 kali.

 

Apa yang dirasakan setelah membersikan hidung?
Rasanya plooong hehe.. hidung keknya bersih aja. Yaiyalah ya namanya juga dibersihin. Saya masih mencuci hidung si sampai sekarang, malah tadinya disuruh bawa pas haji. Ya kali bawa2 infus segede gaban buat 40 hari, akhirnya diganti ama yang cairan yang lain yang lebih praktis.. haha.. Biasanya saya suka bersin2 pagi dan malam hari, ini udah ga lagi karena saya juga dikasih obat semprot dan obat minum juga si.. Hehe.. Badan yang biasanya meriang pusing itu juga jadi hilang. Alhamdulillah..

Lalu, 2 minggu dari control pertama saya balik lagi ke dokter THT tersebut. Dan sang dokter menunjukkan poto hidung saya, pembengkakan berkurang walaupun masih bengkak. Hehe.. khan bertahap. Dan saya lebih ringan untuk bernafas.. hehe..

Oke sekian cerita. Semoga bermanfaat ya.. ^^

 

Advertisements

14 thoughts on “Mencuci hidung dengan cairan infus

  1. Wah makasih infonya diana.. Suamiku juga sering kumat sinusitisnya. Oiya cairan NaCl itu kan garam yaaa.. Aku pernah pake obat tetes idung NaCl merk Breathy buat kalo lagi buntu hidungnya…

    • Waah aku lum nyoba merk Breathy. Hmm cairan Nacl ini adalah cairan yang biasa buat infus tii.. hehe.. itu yang nyebut dokternya siikk..

      Kalo kata dokterku cairan infus ini bisa diganti dengan yang sudah jadi namanya Nasonex..

    • Kayanya si bisa mbaaak.. Tapi kalo ini karena frekuensinya sering (baca : setiap hari) jadi si dokter nyruh bersihin sendiri pake racikan dari dia hehe..

  2. Pertama baca judul udah serem duluan ternyata nggak seseram bayangan, manfaat banget bagi gie yang pernah kena sinus (masih suka kambuh) huhuhu…btw semoga menjadi haji yang mabrur ya Di 🙂

  3. Sangat bermanfaat lho mbak. Makasih yaa.Disebut kan ada cairan lain yg lebih praktis…kalau boleh tau itu apa yaa?😁

    • Ga mbak.. Karena pake cariran infus. kalo pake air biasa, itu ga enak bgt.. hehe..
      Ini rekomendasi dokternya, dan beliaupun melakukan itu di rumaaahnya hehe
      Bisa dicoba kalo kepo ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s