Mudahnya mengakses informasi dengan Haji Pintar 2

Assalamu’alaykum wr wb..

Ga brasa ya bulan syawal sudah berlalu dan sekarang sudah memasuki bulan Dzulqo’dah. Pada bulan ini, biasanya para jamaah haji dari seluruh pejuru dunia sudah mulai diberangkatkan dari negeri tercinta ke tanah suci. Indonesia contohnya mulai memberangkatkan jamaah kloter pertama esok hari, 9 Agustus 2016.

Untuk para jamah haji yang belum tahu atau keluarga yang ingin tahu gambaran disana mungkin bisa men-download aplikasi Haji Pintar 2 di playstore (bagi pengguna android).

hajipintar2

Aplikasi ini diluncurkan oleh Kementrian Agama RI tahun lalu dan disempurnakan menjadi Haji Pintar 2 untuk mempermudah para calon jemaah haji dalam mendapatkan berbagai informasin seputar haji.

Apa saja itu, here we goo…

1. Cek keberangkatan berdasarkan no porsi

Kalau sudah mendaftar haji, pasti tidak asing dengan kata2 SISKOHAT, kalau lupa ya gpp juga ga usah nangis dipojokan juga hehe..

Apa sih SISKOHAT? Siskohat ini kepanjangan dari Sistem Komputerisasi Haji Terpadu. Sederhananya, aplikasi ini yang digunakan ketika para calon mendaftar haji dan mendapatkan nomer porsi.

So, buat kalian yang sudah punya no porsi lalu lupa, “Hmm.. saya berangkat tahun berapa si..”.

Bisa langsung cek melalui aplikasi ini. Aplikasi ini sudah terhubung langsung (bahasa anak IT-nya realtime) dengan SISKOHAT ketika proses inquiry/pencarian. Jadi sudah dipastikan data yang di terima adalah valid dan jika ada perubahan jadwal pemberangkatan apakah dipercepat atau diperlambat juga terinformasikan di aplikasi ini.

2. Berbagai Informasi yang berguna ada disini

Nah buat orang yang mungkin jarang berpergian suka parno mungkin, dan berjuta pertanyaan muncul, mulai dari “Nanti saya gimana ya disana.. Makan apa ya.. Jangan2 makan onta terus *loch* Trs tinggal dimana? Kapan masuk asrama kapan pulang dan lain sebagainya”

Nah semua informasi ini sudah tersedia di aplikasi haji pintar. Apa saja itu?

– Ada peta lokasi, mulai dari pemondokan, kantor, rumah sakit. maktab arafah, maktab mina dan halte yang terkoneksi dengan google maps.
Kebanyang ga? Kalo ga kebayang.. Kira2 kayak kita mau pesen gojek. Ada rutenya khan dari posisi kita keberadaan kita menuju ke tempat tujuan.
– Ada jadwal penerbangan.
Kalian cukup tau keberangkan dari mana dan kloter berapa. Disini tersedia  informasi kapan masuk asrama, jadwal keberangkatan dan jadwal kepulangan.
– Ada Akomodasi.
Akomodasi yang dimaksud adalah nama penginapan baik di  dekat Masjidil Haram ataupun dekat masid Nabawi, nama wilayahnya apa, lokasinya dimana (bisa lihat peta juga), kapasitas berapa orang dan dihuni kloter mana saja.
– Ada Doa-doa manasik.
Doa-doa manasik ini berisi rekaman doa saat thawaf, sa’I dan tahallul.
– Ada Informasi Kesehatan
Nah ini ga kalah pentingnya. Pada modul ini dijelaskan himbawan kesehatan menghadapi Mers-CoV, anjuran mejaga kesehatan dan yang paling penting peta lokasi Rumah sakit. Walaupun setiap kloter pasti di dampingi oleh dokter2 yang bertugas.
– Ada Konsumsi
Nah.. buat yang masih bingung perlu bawa makanan yang banyak ga ya. Lalu mikir lagi, “Duh nanti saya disana makan apa ya..” Di modul ini di jelaskan jadwal makan di baik di  Madinah dan Makkah hanya diberikan 2 kali yaitu Siang dan Malam, kalau pagi hanya berupa snack saja.
Kalo tidak salah, jamaah tidak disediakan makanan selama 3 hari. So, ga perlu lah ya bawa beras atau macem.. hehe.. Yang praktis saja beli. Toh disana kita mau ibadah bukan mau piknik hehe.. IMHO si tapi dikembalikan kepada personal masing2 😀
– Ada informasi Bus Shalawat
Bus Shalwat ini adalah bis yang mengantar kita dari halte ke Masjidil Haram. Biar ga salah naik bis, kita hanya perlu menyamakan warna stiker bis dan no bis.
Di modul ini ada infomasi waktu layanan, pengaduan, stiker trayek bus, peta lokasi halte, rute.
– Ada SMS Center dan Whatsapp
Apabila jamaah ada yang tersesat maka dapat menghubungi no tersebut. Biar mudah jangan lupa beli no local sana untuk memudahkan jarkom.
– Informasi Penting Lainnya
Berisikan himbauan yang penting seperti senantiasa membawa tanda pengenal, tidak sendirian, mengingat nama, nomor dan letak hotel. Kalau bisa dipoto atau dingat2 hotel kita sebelah mana-nya mana hehe biar gampang nyarinya 😀 dan berbagai informasi penting lainnya.

3. Pelacakan (tracking)

Ini fitur yang tidak kalah pentingnya, jika jamaah ada yang tersesat, petugas dapat dengan mudah men-tracking-nya. Syaratnya, jamaah tersebut harus login dahulu ke aplikasi Haji Pintar 2 ini. Keluarga yang ada di Tanah Air juga dapat mengetahui posisi keluarganya yang sedang menunaikan ibadah haji di Arab Saudi.

Sekian si penjelasan singkat saya, in my opinion, sejauh ini Haji Pintar 2 sangat bermanfaat.. 🙂 Apabila masih ada kekurangan saya yakin pihak Kemenag sedang berusaha memberikan layanan yang terbaik untuk para rakyat Indonesia.

Advertisements

9 thoughts on “Mudahnya mengakses informasi dengan Haji Pintar 2

  1. Baru tau aku dianaa ada aplikasi Haji Pintar,, bagus tuh bagi yg akan beribadah haji. Barakallah yaa diana, semoga lancar nanti ibadaha hajiny,, semoga bisa nyusul haji.. aamiin

    • Hehe iya sa.. aplikasinya Haji Pintar 2 (jangan lupa tambahin 2 hihihi).. Iya aku juga suka.. informatif bgt aplikasinya.. Jadi para jemaah ga bingung mau nanya kemana kayak buku panduan tapi di HP..

      Sippo makasih asaaaa… Aamiin.. Yakin doanya ini aja? Hahaha.. Doa PM aja ya sa.. 😀

      • Asslmualaikum
        Mau tanya ni bu
        Uda 1 bulan lebih
        ortu aku daftar haji bu.
        Ngomong2
        Kita mengecek jadwal keberangkatan di application haji Pintar berapa bulan sesuda pendaftaran?

    • Hai mbak Sandra.. Hmm aku bukan pengguna iphone nih mbak. Waktu manasik si dibilang ada.. Tapi aku lum coba.. hihihi.. Mungkin bisa di coba search mbak dengan keyword “Haji Pintar 2”. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s