Dua is Not Amazon.com

Suka banget sama postingan ini yang diambil dari sini.. Keep khusnudzon.. Fighting!! ^^ judulnya.. Dua is Not Amazon.com

Ceramah yang menarik dari Ustadz Nouman Ali Khan mengenai surat Al Baqarah:186.

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِى عَنِّى فَإِنِّى قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ ٱلدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا۟ لِى وَلْيُؤْمِنُوا۟ بِى لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo`a apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”

Video ini sebenarnya potongan dari ceramah “Ramadhan, a gift from Muslim”. Pas bahas Al Baqarah:186 itu NAK membahas dari sisi bahasanya dan urutan katanya, tapi di video di atas ini bagian itu ga ada.

Ayat ini diawali dengan perkataan Allah pada Rasulullah SAW, “ketika hamba2Ku bertanya padamu tentang Aku, maka Aku dekat”. Susunan kalimat ini berbeda dengan kalimat2 serupa, misalnya “dan mereka bertanya tentang anak yatim, katakanlah…” atau “dan mereka bertanya tentang khamr dan judi, katakanlah…”. Jadi hambaNya bertanya melalui Rasulullah, dan Allah pun menjawab melalui Rasulullah dengan bilang, “qul” atau “katakanlah”. Tapi di Al Baqarah: 186 ini ga ada kata “qul”, jadi Allah seperti menjawab sendiri, “maka sesungguhnya Aku dekat”.

Bukan hanya dekat, tapi juga mengabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila ia memohon padaNya. Urutan kata di sini juga menunjukkan betapa bersemangatnya Allah mengabulkan permohonan. Jadi bukan. “apabila ada orang berdo’a maka akan aku kabulkan”, tp disebutkan “mengabulkan permohonan”-nya duluan. Yang menarik di sini Allah menggunakan kata “ujiibu”, yang artinya “immediate response“. Berbeda dengan astajiibu yang artinya “maybe he will respond, atau he will respond over time“. Jadi pas menyebutkan ttg responNya, Allah memakai kata “ujiibu”, pasti dan segera merespon. Barulah saat menyebutkan tentang hambaNya seharusnya merespon juga (memenuhi perintahNya), digunakan kata “fastajibu–dari astajiibu”. Jadi ibaratnya, kamu mungkin gak bisa respon segera, tapi setidaknya respon/penuhi perintah.

Tapi gimana cara Allah merespon? Allah merespon dengan caraNya, dengan timing-Nya. Gak sama dengan kita pesan barang di Amazon dot com, kita pesan lalu beberapa hari kemudian barang datang. Kita bukan customer-Nya Allah. Kadang kita lupa, bahwa Dia di posisi tertinggi, sedangkan kita di posisi terendah: hamba. Allah memberi kesempatan untuk berdo’a padaNya, dengan jalur komunikasi yang dedicated hanya untuk kita denganNya, untuk mendengar dan mengabulkan setiap permintaan kita, tapi dengan caraNya sendiri, yang kadang kita emang gak paham. Jadi ketika berdo’a “Ya Allah, sekeluarnya saya dari ruangan ini, tolonglah itu mobil saya di parkiran, kijang kotak, tolong ubah jadi BMW keluaran terbaru”. Dan ketika nyampe parkiran ternyata mobil ga berubah, kita protes, why God?

Banyak orang kehilangan kepercayaannya karena “lelah” berdo’a, karena merasa do’anya nggak dikabulkan. Mungkin kita gak ngeliat langsung hasil dari do’a2 kita, tapi kita harus percaya “tangan2″ Allah sedang bekerja. Allah mengabulkan do’a dengan caraNya. Dan kita harus percaya bahwa caraNya jauh lebih baik dari cara kita, atau yang kita inginkan. Dan meskipun do’a belum menampakkan hasilnya di depan hidung kita, yakinlah setidaknya ada hal2 yang pasti kita dapatkan setiap kali berdo’a: kepercayaan kita yang bertambah padaNya, rasa tenang dalam hati, dan petunjuk–seperti di akhir ayat 2:186: لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ (supaya kamu mendapat petunjuk).

-HS-

Advertisements

3 thoughts on “Dua is Not Amazon.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s