fainnama’al ‘usri yusro

Awalnya karena saya pernah baca beberapa buku best seller-nya Asma Nadia, salah satunya catatan hati seorang istri, tapi udah lamaaaa, trs lupa.. hehe.. Ternyata eh ternyata, buku ini disinetronkan di RCTI #bukanIklanBerbayarPemirsah. Sebenernya saya males bgt sama yang namanya sinetron Indonesia yang gitu deh (you know lah), tapi karena pernasaran aja jadinya ikutan nonton deh. Ga terlalu ngikutin si, ga kayak emak2 jaman dulu yang kalo ga ngikutin sekali episode telenovela penasarannya naujubile. Nah ini cuplikan episode kemaren, ga sama percis si sebenernya kata2nya tapi intinya kira2 seperti itu..Ngejleb aja menurut diana..

Muslimah (Tsania Marwa) adalah guru ngaji anak Hanna yang diperankan oleh Dewi Sandra. Muslimah ini sudah divonis tidak bisa mempunyai anak karena penyakit kista.

Hanna baru saja terlibat prahara rumah tangga yang sangat menguncang dirinya, dimana suaminya, Bram selingkuh dengan Karin, adik Sofie, sahabat Hanna sendiri. Beribu cara yang dilakukan oleh Karin agar Bram menikahinya karena ia sedang berbadan dua.

Muslimah sangat prihatin dan perhatian dengan janin karin, ia datang ke rumah Karin membawakan cd murotal dan buku kehamilan dengan harapan ia bisa mengadopsi anak Karin kelak. Lalu ketika Muslimah berpamitan pulang, tak sengaja Hanna lewat depan rumahnya. Biasa lah ala2 sinetron yang serba kebetulan hehehe..

Lalu terjadi percakapan, pertama dimulai lah intro ada perlu apa Muslimah ke rumah karin, dilanjutkan dengan percakapan berikut. Sekali lagi, saya tekankan kalau dialog dibawah ga sama percis ya karena keterbatasana ingatan saya, ya kira2 intinya seperti itu.. 😀

Karin : Iya mbak kami sedang membahas kalau istri yang memperbolehkan suaminya poligami itu akan mendapatkan surga di akhirt kelak.
Hanna : Sebenernya tidak juga Karin, ada banyak cara yang bisa dilakukan seorang istri untuk medapatkan surga Allah.
Muslimah : Iya mbak saya juga sudah bilang ke karin kalo poligami diperbolehkan itu jika suami bisa adil. Tapi kalo tidak..
Hanna : Iya benar dan dengan melahirkan 9 bulan dan merawat dana membesarkan anak istri juga bisa mendapatkan surga Allah.
Lalu Muslimah pun tersinggung.. dan langsung berkata
Muslimah : Bagaimana dengan wanita yang memang tidak bisa mempunyai anak seperti saya mbak?
*dan berlalu pergi sambil menangis..
Hanna khilaf tidak bermaksud untuk menyinggung perasaan Muslimah, iya pun mengejar muslimah.
Muslimah : Mbak enak bilang gitu, karna hidup mbak itu nyaris sempurna, mbak cantik, pintar, karir yang bagus, berkecukupan, mempunyai suami yang sangat mencintai mbak mempunyai anak. Kurang apa hidup mbak?
Hanna : *istigfar* Maafkan mbak mus.. Mbak tidak bermaksud untuk menginggung perasaan kamu. Apa kamu lupa apa yang baru saja terjadi sama mbak. Kamu khan tahu, bahwa Mas Bram baru saja selingkuh dan selingkuhannya hamil. Kelurga kami pun berada di ambang perceraian, itu yang kamu anggap sempurna? Kamu justru beruntung memiliki suami yang baik dan tidak neko-neko.
Muslimah : *Ia pun0 kembali istigfar dan langsung tersadarkan * Astagfirullah, maaf mbak.. Iya saya khilaf mbak. Tidak semestinya saya begini.

Inti dari pembicaraan diatas adalah kadang kita melihat sosok manusia yang terlihat sangat sempurna dari luar. Padahal mungkin ia mempunyai masalah yang lebih besar dari kita, hanya saja tidak diperlihatakan di depan umum. Setiap orang pasti mempunyai masalah dalam setiap fase kehidupannya. Kadang kita yang suka lebay, baru dikasih cobaan sedikit koar-koar ke semua orang seakan-akan kita menjadi orang yang paling menderita di dunia ini. Padahal Allah gak bakal ngasih ujian ke kita kalo kita ga mampu. “fainnama’al ‘usri yusro.. innama’al ‘usri yusro…” #ntms

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s