Bertahan di Dunia Kerja yang “Sikut-Sikutan”

Bekerja, berkarir dan berkarya adalah sebuah tantangan hidup. Salah satu tantangan kita sewaktu kerja adalah menghadapi rekan-rekan kerja yang… cemburu. Ada yang baik, walaupun cemburu, mereka mau kerja keras dan menjadi lebih baik. Ada juga yang menyebalkan, sudah cemburu, mereka merendahkan dan meremehkan pekerjaan kita di depan orang banyak, termasuk bos kita juga. Mereka langsung mencari kelemahan-kelemahan kita membuat seakan-akan itu adalah hal yang besar.

Dunia kerja memang penuh dengan “sikut-sikutan”. Yang paling terlihat “sikut-sikutan”nya adalah di dunia hiburan dan di dunia seni. Mereka selalu berlomba untuk menonjolkan diri, dan jika tiba-tiba ada seseorang yang sepertinya akan mencuri perhatian orang, yang lain akan merasa terancam. Seperti di perkantoran, ada yang baik dan bekerja keras, berteman dengan para pendatang baru, saling bertukar pengalaman dan pikiran; dan ada juga yang malah merugikan para pendatang baru, mungkin karena mereka cemburu, mungkin karena mereka tidak tahu cara menyikapinya, atau mungkin hanya ingin menjatuhkan yang lain. Atau bisa saja mereka takut “tidak laku” lagi.

Bila Anda adalah seseorang yang merasa dirugikan oleh seorang rekan kerja, kerja keraslah, buktikan pada mereka bahwa jika mereka meremehkan Anda, Anda bisa lebih baik dari mereka. Buktikan mengapa Anda tepat untuk pekerjaan Anda. Tetapi bila Anda tipe orang yang mudah cemburu, janganlah merugikan rekan kerja Anda. Bertemanlah, sama-sama cari pengalaman, bertukar cerita, sehingga kalian bisa saling belajar dari satu sama yang lain. Jika Anda sudah lebih lama di perusahaan/yayasan/sanggar/tempat kerja Anda, ajarlah mereka cara – cara bekerja menurut tempat kerja Anda, buatlah mereka merasa nyaman dan terdukung. Hanya karena Anda sudah di tempat kerja itu lebih lama, bukan berarti Anda lebih pintar, jadi jangan meremehkan kemampuan orang lain.

Kerja itu lebih baik bila bisa dinikmati, mari kita menolong rekan kerja kita menikmati pekerjaannya juga.

Sumber : http://sosbud.kompasiana.com/2010/12/15/bertahan-di-dunia-kerja-yang-%E2%80%9Csikut-sikutan%E2%80%9D/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s