Membuat Koneksi dari ORACLE ke SQL Server

Dalam membuat suatu aplikasi, apalagi yang sifatnya mengolah data. Data-data tersebut kemungkinan didapat tidak hanya dari satu source database namun dari beberapa source database berbeda lalu kemudian di simpan di sebuah database. Proses ini disebut ETL. 

[Image taken from here]

ETL stands for Extract, Transform and Load, which is a process used to collect data from various sources, transform the data depending on business rules/needs and load the data into a destination database.  *quote from here

Kebetulan database yang saya pakai untuk keperluan develop adalah ORACLE. Jika database yang digunakan sama-sama menggunakan database ORACLE, isn’t an issue. Cukup menggunakan DB Link maka semua teratasi. Namun jika database yang akan kita akses adalah MySQL, Ms SQL Server atau yang lain, bagaimana kah caranya??

Salah satu aplikasi ETL freeware (berbasis java) yang dapat digunakan untuk menyelesaikan ini adalah Kettle. Namun ini hanya bersifat temporary solution. Karena akan menimbulkan effort tambahan jika kita harus menarik data tersebut pada waktu2 tertentu (misalkan setiap akhir bulan) karena kita harus menjalankannya manual. Pertanyaan berikutnya adalah bisakah kita menarik data tersebut langsung dari ORACLE lalu dibuatkan scheduler job nya??

Jawabannya adalah bisa. Ikuti tutorial membuat koneksi dari ORACLE ke SQL Server berikut. Lalu buat scheduler job untuk retrieve data setiap akhir bulan. Note : Stelah koneksi dibuat, syntax yang digunakan untuk melakukan query ke data SQL server adalah menggunakan syntax Oracle.

Advertisements

One thought on “Membuat Koneksi dari ORACLE ke SQL Server

  1. kok kayanya kerjaan lo mirip2 ma gw ya bagian data warehouse, kenapa ga pake visual studio business intellegance aja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s