Performance Appraisal

Hari ini tepat saya setahun bekerja di perusahaan saya yang skarang. Kalo setiap tiga bulan sekali perusahaan tempat saya bekerja melakukan PA atau Performance Appraisal, tapi saya baru sekarang melakukan PA atau lebih tepatnya review untuk diri saya namun dengan parameter yang berbeda. Better late than never itu adalah kata2 pelipur lara atas penyesalan yang selalu datang terlambat. Singkat kata, ini perusahaan kedua setelah saya lulus kuliah. Di perusahaan pertama saya bekerja hanya 6 bulan, walaupun berada di environment yang sama yaitu IT dan pekerjaan yang hampir sama yaitu tukang ketik. Kekekke,..  Namun yang perbedaannya terletak pada sisi tanggung jawabnya.

So, apa yang mau saya review sekarang. Banyak banyak sekali,.. Mulai dari aspek ilmu yang didapat, aspek financial, aspek religi, dll.

1. Aspek ilmu

Tentu banyak sekali ilmu yang saya dapat. Walaupun masih jauh untuk menyandang predikat expert. Saya akan terus belajar dan mencoba hal2 baru. That’s why I love my job.

2. Aspek Finansial

Siapa yang tidak perlu uang? Walapun uang bukan segalanya. Aspek ini juga perlu di perhatikan karena kita yang merencanakan masa depan kita bukan?? Memang kalau berbicara tentang uang, tidak akan pernah cukup tapi setidaknya kita harus bekerja di perusahaan yang jelas dan kondisi ‘masa depan’. Bahkan lebih baik lagi jika dapat membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain.

3. Aspek Religi

Terus terang ini aspek penting juga ketika kita mencari pekerjaan. Karena saya bukan pemegang motto seperti para pekerja vendor yang berasal dari Chinna yang sedang hilir mudik di kantor saya. Moto mereka adalah “Hidup untuk bekerja”. Tiap hari bekerja. Hanya hari minggu sajah mereka bekerja setengah hari. Senen – Sabtu adalah weekdays untuk mereka dengan jam kerja dari jam 8 pagi sampai 11 malam. OMG,.. Saya hanya bermotto “Do ur best, sesuai porsimu”.

Dan terus terang, sampai saat ini, saya belum mendapatkan suasana bekerja yang islami. Hidup yang baik adalah suatu kondisi dimana adanya keseimbangan dan harmonisi antara semua aspek kehidupan. Bukankah Allah juga tidak suka sesuatu yang berlebihan?

4. Aspek Psikologis

Dengan bekerja kita belajar hidup bermasyarakat. Walaupun mayoritas dari orang yang berprofesi seperti saya (programmer red) bermasyarakatnya dengan computer dan tergolong autis dengan orang lain. Tapi diam2 saya memperhatikan karakter orang lain, dan belajar dari mereka. Di tempat ini karakter saya dimatangkan. Kalau dengan deadline itu sudah biasa karena memang begitulah pekerjaan saya.  Ya dimana pun kita bekerja pasti bertemu dengan orang baik dan orang kurang baik. Dengan demikan, perbedaan pendapat sudah merupakan hal yang wajar. Namun kerapkali ada beberapa pendapat yang ‘ga banget’ tapi ya harus kita lakukan. Ketika niatan saya dalam bekerja bergeser dari bekerja yang terbaik tiba2 harus mengerjakan seadanya sesuai birokrasi *halagh sepertinya sudah terlalu berat. :p

Lalu?Apa inti dari omongan saya yang panjang lebar ini??  Dan jawabannya adalah UUC (Ujung-Ujungnya Curcol) :p

Saya ingat kata2 pak Mario Teguh intinya kebanyak dari orang lain selalu melihat pencapaian yang didapat. Maka tunggu apa lagi, perlihatkanlah kemampuan anda sekarang  juga.  Saya juga tiba2 ingat sepotong sketsa dari film Sex in the City 2 tentang wanita karir yang tidak mendapat apa yang ia inginkan di tempat sebelumnya, dan akhirnya mendapatkannya. 

Ikhlas menjalani suatu pekerjaan. Yakin skarang adalah jalan yang terbaik yang diberikan oleh Allah. Tetap bersyukur tapi tidak berhenti juga ikhtiar untuk menjadi yang lebih baik agar mendapatkan kesempatan terbaik. Tidak ada gunannya berkeluh kesah ABC sampai Z yang dibutuhkan sekarang adalah action. Jangan terbuai dengan zona nyaman yang kadang bersifat kamuflase. Lalu kenapa anda berdiam diri? Teruslah berkarya,.. ^^

*btw, ini judul sama isinya kagak nyambung yaks,.. kekekkeke :p

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s