Tips Hebat Hemat :p

Sebenernya saya udah 5 tahun lah jadi anak kosan. Mulai dari bimbel di Bandung, ngekos di depok pas kuliah dan sampe sempat ngekos di daerah kuningan pas baru2 kerja dulu. Dari sini saya tahu bagaimana  kehidupan seoarang anak kosan. Dan akan memberikan sedikit tips memanage uang, tips hebat hemat nih *iklan kantor gw bgt nih.. Hihihi. Dan ini harus dilakukan ketika gajian yaw..

  1. Buat budget untuk masing2 pengeluaran. Mulai dari ongkos +makan harian ke kantor, arisan, tagihan internet, zakat, amal, ngasih ortu, uang hang out pas weekend , kebutuhan sehari2, sampai kebutuhan tak terduga. Itu semua harus dibudgetin, harus realistis, jangan dikecil2in tapi jangan terlalu besar juga. Pokoknya harus komitmen sama budget yang sudah kita tuliskan.  
  2. Stelah itu, kalian boleh masukan uang2 tersebut ke dalam amplop. Dan hindari penggunaan ATM jika tidak benar2 kepepet.
  3. Kalo mau belanja bulanan biasakan dicatat, karena biasa, suka lupa barang yang akan di beli, malah beli barang yang ga butuh2 bgt.
  4. Hindarkan dari namanya pemakaian kartu debit atau kredit card. Karena pengeluaran semakin tidak terasa sehingga pengeluaran menjadi tidak terkontrol. Kecuali lagi ada promo baru boleh lah gesek.. 😀
  5. Buat cewek2, yang gatel sama tulisan SALE. Hindari ke mall hanya untuk iseng2, boleh ke mall kalo cuma iseng tapi harus bawa uang ngepas(cukup untuk makan, jalan dan tentu perlu uang persiapan kalo ada apa2 dijalan), dan bener2 harus kuat iman.. Hehe.. Inget, baju masih banyak di lemari, sepatu juga masih ada, masih bisa dipake n belum jebol. Walaupun murah, tetep ajah harus sesuai dengan kebutuhan, jangan sampai barang yang dibeli malah ga dipake. Intinya harus punya skala prioritas, karena saya kadang seperti itu, abis beli, mikir, khan belum perlu banget barang ini, yang lama masih bisa dipake. Sayang khan.Inget kata2 kaka dan ibu saya bahwa  baju2 yang  tidak dipakai namun tetap kita simpan nanti akan di hisab di akhirat.
  6. The last but not least, stelah belanja atau cuma skedar sebaiknya mencatat, biar jelas tidak meraba2, berapa banyak uang yang sudah kita keluarkan hari itu.

So far, segitu dulu deh dari saya.. Ini hanya teori nya sih, sebenernya saya juga baru blajar untuk merealisasikannya. Nanti kalo ada lagi ditambahkan kembali deh.

Intinya kita harus punya skala prioritas dalam membeli sesuatu. Sebesar apa pun pemasukan kita kalo tidak bisa dimanage pasti tidak pernah cukup dan jangan lupa juga untuk selalu bersyukur dengan nikmatnya.

Advertisements

2 thoughts on “Tips Hebat Hemat :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s