Perlukah handphone untuk anak SD?

Wuiiiihhh.. Klo temen2 nonton pelem di TV pasti sering banget dwongs ngeliat sebuah fenomena yang sedang mencuat kepermukaan yaitu iklan operator selular dan juga handphone baik GSM atau CDMA yang wara-wiri di layar kaca kitah. Ehmm.. Mulai dari segala trik yang dilakukan oleh masing2 provider agar konsumen semakin tertarik *Syarat dan Ketentuan Berlaku*, perang tarif antar operator sampai ke munculnya produk handphone dengan segala macam bentuk dan fungsi yang bukan hanya berfungsi untuk alat komunikasi tapi lebih ke prestige, gaya hidup ataupun penanda status sosial.

Masyarakat menganggap HP bukan sebagai barang mewah lagi tetapi sudah menjadi kebutuhan. Lihat saja perkembangan 3 tahun terakhir yang saya kutip dari detikinet, pengguna ponsel di Indonesia tercatat sebanyak 68 juta pada akhir tahun 2006 dan akan tumbuh menjadi 94,7 juta pada tahun 2007. Pada tahun 2010, angka pengguna ponsel di Indonesia pun diprediksikan mencapai angka 133 juta.
Well, kalo kayak gini siapakah sasaran empuknya? Anak2 sma/smp ato mahasiswa/i ato orang kantoran?

Coba deh pikir, miris banget gak sih gak klo sekarang sasarannya sudah merembet ke anak SD. Jadi inget peristiwa 5 tahun yang lalu ketika saya masih duduk di bangku kelas 2 sma. Ada seorang anak SD kelas 3-an gitu membawa handphone 3650 yang dulu harganya masih mahal. Wooow.. Sempet kaget juga, orang tuanya gimana sih kok anak sekecil itu udah dipegangin hp yang bikin orang pingin ngejarah. Knapa gak buat gw ajah.. ;p. *Bo.. sekarang ajah HP udah kayak kacang gimana jaman anak gw. Jangan2 anak Sd udah bisa bawa mobil sendiri.. Hehehe…Dunia Khayal..*

Klo anak tersebut berada pada pengawasan yang baik dari orang tua dan bermain di lingkungan yang baik sih gak papa yah. Nah klo kedua orang tuanya sibuk buat kerja sehingga gak sempet buat ngontrol anak, trus sang anak bermain di lingkungan yang kurang bagus, coba pikir apa dapat dilakukan oleh seorang anak dengan sebuah handphone. Tentunya banyak sekali penyalahgunaan yang dapat dilakukan antara lain:

  • Buat Ngegame, bisa bikin anak autis gak sih???
  • Buat nyimpen “gambar” ataupun nonton video 17+
  • Buat ngegosip.. Yah klo mo ngegosip tar ajah klo udah gedean.. *loch* hehehe…
  • Ajang buat pamer, sehingga moril si anak pun menjadi kurang baik.
  • Bikin penjahat/penculik lebih gampang mendeteksi untuk menculik anak yang tepat.. Liat ajah dari Hpnya… hehehe…

Apalagi yah??? Satu sisi, mungkin HP menjadi sangat berguna apalagi untuk anak2 yang tinggal di kota besar seperti Jakarta. Karena lebih memudahkan orang tua untuk memantau keberadaan sang anak.
Sebenarnya klo menurut saya pribadi anak SD itu belum perlu HP tapi.. gak mungkin juga orang tua mengekang sang anak untuk tidak memiliki HP. Karena anak2 mempunyai sifat membandingkan dengan temannya, sehingga bila sang anak tidak mempunyai HP sementara temen2nya pada punya, berakibat tidak baik juga untuk psikologis anak tersebut karena sang anak bisa minder sehingga menyebabkan ketidakpercayaan diri sang anak. Hehehe… *sok psikolog anak nih gw ^_^ *

Selain itu, saya juga membaca di beberapa artikel banyak sekali dampak negatif yang ditimbulkan terlepas dari konteks pembicaraan kita diatas.

  • Radiasi gelombang elektromagnetik HP dapat menyebabkan kanker
  • Radiasi gelombang elektromagnetik HP juga dapat merusak struktur DNA
  • Nah buat cowo2, katanya juga bisa menyebabkan kemandulan.
  • Tidur dekat peralatan elektronikpun dapat menyebabkan leukimia

Jadi gimana nih solusinya. Yah semua itu pasti ada sisi positive dan negativenya. Menurut saya sih mungkin untuk orang tua yang akan memberikan HP mereka harus memberikan pengertian kepada anaknya tentang batasan2 dalam menggunakan HP, adanya perjanjian, si anak tau jelas fungsi HP pembatasan pulsa dan pemberian hukuman jika sang anak melakukan penyalahgunaan.

Nah.. Klo kata temen2 gimana nih? Perlu gak sih HP untuk anak SD? Barangkali ada yang mempunyai argumen yang lain.. Monggo… ^_^

Advertisements

One thought on “Perlukah handphone untuk anak SD?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s