Teori Darwin by Lintang

amdrea-hirata.jpg —–> laskar_pelangi.jpg

Berawal dari nonton kick andi yang menampilkan Andrea Hirata sebagai bintang tamunya yang mengupas habis tentang novel tetraloginya yang bestseller. Yaitu Laskar Pelangi (buku pertama), Sang Pemimpi(buku kedua), Edensor(buku ketiga) dan Maryamah Karpov (buku keempat alias yang terakhir)…

laskar.jpg

Ket: kurang satu buku lagi yang terakhir Maryamah Karpov

Ehm… Memang beda tulisan yang dibuat dari hati dengan tulisan yang dibuat dengan tujuan untuk komersil. Salah satu contohnya adalah Laskar Pelangi. Andrea awalnya membuat ovel ini hanya 4 eksemplar, dua untuk guru n kepala sekolah SDN Muhammadiah, dan duanya lagi, saya lupa klo gak salah untuk temennya. Nah ‘temennya’ ini jahil, memberikan buku tersebut ke penerbit. And you know what, baru 10 hari diterbitkan, buku tersebut mencetak lagi untuk cetakan kedua. Wah.. Saya semakin penasaran…

Akhirnya saya membaca novel ini pada cetakan ke 17. Agak sedikit telat memang, karena novelnya terbit tahun 2005. Huhuhu… Walupun saya bukan anak sastra, saya akui novelnya keren banget. Hmmm… Pepatah2 yang Andrea pakai ngena banget.

Yayaya.. Ketika Andrea menjelaskan karakter Lintang yang otak kirinya yang sangat pintar. Dapat dibayangkan, saya saja baru belajar metode Gauss Jordan i bangku kuliah. Tapi Lintang belajar metode tersebut di bangku SMP. #speechless

Belum lagi teori Darwin beliau yang cukup menohok banget…

Lets see…

Persoalannya adalah apakah Anda seorang religius, seorang darwinian, atau sekadar seorang oportunis? Pilihan sesungguhnya hanya antara religius dan darwinian, sebab yang tidak memilih adalah oportunis! Yaitu mereka yang berubah-ubah sikapnya sesuai situasi mana yang akan lebih menguntungkan mereka. Lalu pilihan itu seharusnya menentukan perilaku dalam menghargai hidup ini. Jika Anda seorang darwinian, silakan berperilaku seolah tak ada tuntutan akhirat, karena bagi Anda kitab suci yang memaktub bahwa manusia berasal dari Nabi Adam adalah dusta. Tapi jika Anda seorang religius maka Anda tahu bahwa teori evolusi itu palsu, dan ketika Anda tak kunjung mempersiapkan diri untuk dihisab nanti dalam hidup setelah mati, maka dalam hal ini Anda tak lebih dari seorang sekuler oportunis yang akan dibakar di dasar neraka!

Coba anda telaah kembali, teori ditulis oleh anak kelas 2 SMP. Saya serasa di tampar.. Ehmmm.. Hayo anda termasuk ke dalam kategori yang mana? Oportunis, Darwinian ataukah religius.

Setelah membaca bukunya, saya pun bersyukur sekali bisa kuliah. Nasib orang ga ada yang tahu. Orang sepintar Lintang karena putus sekolah padahal ia paling pintar. Temannya Syahdan, yang sepanjang sekolahnya hanya menjadi objek penderita, tempat segala salah dan kalah tercurah malah menemukan bakatnya ketika besar dan menjadi seorang manager IT yang membawahi ratusan anak buah di sebuah perusahaan multinasional yang terletak di daerah tanggerang. Ya.. Memang semuanya sudah diatur ma Allah dan Keep ikhtiar 🙂

Advertisements

5 thoughts on “Teori Darwin by Lintang

  1. Oya..Ktany,bsk tgl 18 april ada kick andi lgi loch bersama andrea hirata di ui..
    Tpi hrs dftr dulu online di websiteny kick andi..
    Yah klo g sempet dftr jgn lupa tonton aja ye

  2. Baca Laskar Pelangi, khususnya bagian yang nyeritain jeniusnya Lintang, gua malah jadi kepikiran; yang pinter tuh Lintang apa Ikal (Andrea)? Kalo pinter, kenapa nasibnya berakhir sebagai kuli kopra (gua baca di Nyata)?

  3. @bayu

    Ya itulah yg namany takdir dan kesempatan bay.Si lintang berhenti skolah krn bokapny meninggal,jdi mw g mw dy hrs menerima takdir dgn hilangny kesempatanny u/ merubah nasib.
    Yah begitulah hidup..Banyak org sukses padahal dya tdk bgt pintar,sebalikny bnyk org pintar yg tdk sukses.

    Lagian ukuran sukses kan bkn cm diliat dr materi ajah ko tpi mnrt saya lintang bs brtngg jwb&membiayai kel sja,itu sdh bisa dikatakan sukses.Dripada org sukses scara materi tpi tdk bertng jwb n lupa daratan..Mendingan org2 yg spr lintang..

    Hehe..Ini hny opini saya.Makasih udah mampir k blog sayah..

  4. gilaa….!!!!!! mamamia… Laskar Pelangi TOPBGT
    salut banget ma ikal n semua anggota laskar pelangi, terutama salut bwt kejeniusan lintang…gilaaaaaa…tokcer bgt otaknya..

  5. Mungkin ini agak menyimpang..buat yg maniak laskar pelangi,jangan lewatkan premier movie nya tgl 23 september nanti.mdh2an film nya ga jauh beda ma novelnya..klo ga mah males.
    skrng udah launching album soundtracknya yg dinyanyiin ma nidji,sherina,gita gutawa dll.abs filmnya kluar baru deh buku t’akirnya kluar(maryamah karpov).so don’t miss it 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s